Selasa, 27 Mei 2014

Jenis-Jenis RAM

RAM memiliki begitu banyak varian dengan kapasitas serta kecepatan akses data yang berbeda-beda. RAM sendiri merupakan komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpan memori sementara ketika komputer sedang bekerja. RAM berfungsi untuk meringankan kinerja processor ketika melakukan multitask. RAM berfungsi agar processor tidak perlu untuk mengambil data dari Hardisk secara langsung dan terus menerus. Kinerja processor yang terlalu diporsir dapat menyebabkan kinerja komputer anda menjadi lamban bahkan dapat menyebabkan kerusakan. RAM sendiri bersifat volatile, yaitu RAM akan kehilangan memori yang tersimpan didalamnya ketika komputer dimatikan. Berikut kami akan memberikan beberapa informasi terkait dengan RAM.
Pertama ada EDO RAM (Enhanced Data Output RAM). Memori jenis ini harus dipasang berpasangan. EDO RAM juga dilengkapi dengan 1 notch. RAM jenis ini sangat cocok untuk dipasang pada semua komputer Pentium. Selain itu, RAM jenis ini cocok untuk dipasang pada komputer dengan bus mencapai 66 MHz. Berikutnya adalah RDRAM (Rambus Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki 232 pin didalamnya, sehingga memiliki kecepatan akses yang tinggi. RDRAM dilengkapi dengan heatsink (kipas) yang berfungsi untuk mendinginkan RAM. Heat sink bertujuan untuk menghindari over heat yag biasa terjadi pada RAM dan juga komputer. Seperti halnya EDO RAM, RDRAM juga harus dipasang berpasangan. Jenis-jenis RAM selanjutnya adalah SDRAM (Synchronous Dybamic RAM).
Jenis-Jenis RAM

Jenis-Jenis RAM

SDRAM dilengkapi dengan 168 pin yang mampu memberi kecepatan dalam mengakses data pada kebanyakan komputer dengan bus sampai 100 MHz – 133 MHz. Kapasitas dari RAM jenis ini mencapai 512 MB. Jenis-jenis RAM selanjutnya adalah DDR RAM (Double Data RAte RAM). Memori jenis ini memiliki 184 pin dengan 1 notch didalamnya. Kecepatan akses dari RAM jenis ini mencapai 266 MHz, 333 MHz, dan juga 400 MHz. kapasitas dari memori jenis ini mencapai 1GB. RAM tersebut memiliki chip yang berfungsi untuk memberi daya tamping tambahan. DDR memiliki penerus yang disebut dengan DDR II. Berbeda dengan DDR sebelumnya, DDR II memiliiki 240 pin serta 1 notch dengan posisi yang berbeda (lebih ke kiri). Kecepatan dari RAM jenis ini pun lebih bervariasi mulai dari 533 MHz, hingga 800 MHz. Daya tamping DDR II juga lebih besar, yaitu 2 GB.
Untuk jenis-jenis RAM selanjutnya adalah DDR III. DDR III merupakan penerus dari DDR I dan juga DDR II. DDR III memiliki 240 pin dengan 1 notch yang terletak lebih kekiri dibanding DDR I dan DDR II. Kecepatan akses dari RAM jenis ini mencapai 1333 MHz. Untuk kapasitas dari memori jenis ini pun tak tanggung tanggung, yaitu sebesar 4 GB. RAM dengan kapasitas sebesar ini biasa digunakan oleh para pecinta game.

0 komentar:

Posting Komentar