Jumat, 30 Mei 2014

Encoder Dan Decoder

Encoder adalah rangkaian yang memiliki fungsi berkebalikan dengan dekoder. Encoder berfungsi sebagai rangakain untuk mengkodekan data input mejadi data bilangan dengan format tertentu. Encoder dalam rangkaian digital adalah rangkaian kombinasi gerbang digital yang memiliki input banyak dalam bentuk line input dan memiliki output sedikit dalam format bilangan biner. Encoder akan mengkodekan setiap jalur input yang aktif menjadi kode bilangan biner. Dalam teori digital banyak ditemukan istilah encoder seperti “Desimal to BCD Encoder” yang berarti rangkaian digital yang berfungsi untuk mengkodekan line input dengan jumlah line input desimal (0-9) menjadi kode bilangan biner 4 bit BCD (Binary Coded Decimal). Atau “8 line to 3 line encoder” yang berarti rangkaian encoder dengan input 8 line dan output 3 line (3 bit BCD). 

Ilustrasi Digital Encoder

Encoder dalam contoh ini adalah encoder desimal ke BCD (Binary Coded Decimal) yaitu rangkaian encoder dengan input 9 line dan output 4 bit data BCD. Dalam mendesain suatu encoder kita harus mengetahui tujuan atau spesifikasi encoder yang diinginkan yaitu dengan : 
  1. Membuat tabel kenenaran dari encoder yang ingin dibuat 
  2. Membuat persamaan logika encoder yang diinginkan pada tabel kebenaran menggunakan K-Map 
  3. Mengimplemenstasikan persamaan logika encoder dalam bentuk rangkaian gerbang logika digital 
Rangkaian Encoder Desimal (10 line) ke BCD
Dalam mendesain rangkaian encoder desimal ke BCD langkah pertama adalah menentukan tabel kebenaran encoder kemudian membuat persamaan logika kemudian mengimplementasikan dalam gerbang logika digital seperti berikut.

Tabel kebenaran encoder Desimal (10 Line) ke BCD 

Persamaan logika output encoder Desimal (10 Line) ke BCD 
  • Y3 = X8 + X9 
  • Y2 = X4 + X5 + X6 + X7 
  • Y1 = X2 + X3 + X6 + X7 
  • Y0 = X1 + X3 + X5 + X7 + X9 


Rangkaian implementasi encoder Desimal (10 Line) ke BCD sesuai tabel kebenaran 

Rangkaian encoder diatas merupakan implementasi dari tabel kebenaran diatas dan persamaan logika encoder Desimal ke BCD. jalur input X0 tidak dihubung ke rangkaian karena alasan efisiensi komponen, hal ini karena apabil input X0 ditekan maka tidak akan mengubah nilai output yaitu output tetap bernilai BCD 0 (0000). Rangkaian encoder diatas hanya akan bekerja dengan baik apabila hanya 1 jalur input saja yang mendapat input, hal ini karena rangkaian encoder diatas bukan didesain sebagai priority encoder.


Decoder
Pengertian Decoder adalah alat yang di gunakan untuk dapat mengembalikan proses encoding sehingga kita dapat melihat atau menerima informasi aslinya. Pengertian Decoder juga dapat di artikan sebagai rangkaian logika yang di tugaskan untuk menerima input input biner dan mengaktifkan salah satu outputnya sesuai dengan urutan biner tersebut. Kebalikan dari decoder adalah encoder.

Fungsi Decoder adalah untuk memudahkan kita dalam menyalakan seven segmen. Itu lah sebabnya kita menggunakan decoder agar dapat dengan cepat menyalakan seven segmen. Output dari decoder maksimum adalah 2n. Jadi dapat kita bentuk n-to-2n decoder. Jika kita ingin merangkaian decoder dapat kita buat dengan 3-to-8 decoder menggunakan 2-to-4 decoder. Sehingga kita dapat membuat 4-to-16 decoder dengan menggunakan dua buah 3-to-8 decoder.


Beberapa rangkaian decoder yang sering kita jumpai saat ini adalah decoder jenis 3 x 8 (3 bit input dan 8 output line), decoder jenis 4 x 16, decoder jenis BCD to Decimal (4 bit input dan 10 output line) dan decoder jenis BCD to 7 segmen (4 bit input dan 8 output line). Khusus untuk pengertian decoder jenis BCD to 7 segmen mempunyai prinsip kerja yang berbeda dengan decoder decoder lainnya, di mana kombinasi setiap inputnya dapat mengaktifkan beberapa output linenya.

Salah satu jenis IC decoder yang umum di pakai adalah 74138, karena IC ini mempunyai 3 input biner dan 8 output line, di mana nilai output adalah 1 untuk salah satu dari ke 8 jenis kombinasi inputnya. Jika kita perhatikan, pengertian decoder sangat mirip dengan demultiplexer dengan pengecualian yaitu decoder yang satu ini tidak mempunyai data input. Sehingga input hanya di gunakan sebagai data control.

Pengertian decoder dapat di bentuk dari susunan gerbang logika dasar atau menggunakan IC yang banyak jual di pasaran, seperti decoder 74LS48, 74LS154, 74LS138, 74LS155 dan sebagainya. Dengan menggunakan IC, kita dapat merancang sebuah decoder dengan jumlah bit dan keluaran yang di inginkan. Contohnya adalah dengan merancang sebuah decoder 32 saluran keluar dengan IC decoder 8 saluran keluaran.

14 komentar:

Bundet mengatakan...

Mantaps gan, buat tambahan aja, lengkap dengan simulasinya..
semoga bermanfaat, thanks
MENGENAL ENCODER DAN DECODER

Unknown mengatakan...

Gan contoh ic encodernya apa? Kalau ic decoder dan encoder buat remote rc mobil mobilan yang sepasang ada data pasangannya gan? Ic ini berpasangan ic ini. Bisa sharing gan?

Unknown mengatakan...

Izin dijadikan materi

Unknown mengatakan...

Fungsi encoder pada mesin bordir , dan bagaimana dgn rotari, atau motor, karena titik enter jarum tak naik, d layar 100 persen merah, d putar sedikit 100 persen normal, sya tidak tahu di mana kesalahannyan

Unknown mengatakan...

Tolong d jelas tentang encoder pada mesin bordir,

Unknown mengatakan...

Siip..

Isnain Jodi Anggoro mengatakan...

izin menjadikan bahan materi

BATUQQ mengatakan...

terima kasi banyak ya min. artikel ini memang berguna sekali dan berfungsi bagi orang orang yang belum mengerti seperti saya , teruslah berkarya ya ^^ semoga anda sukses dan sehat selalu ya hehehehe.. numpang promo ya min
bebasqq adalah situs poker online terbaik di Indonesia dan bandarq terpercaya
*proses deposit/withdraw dibawah 1 menit
*deposit 24 jam
*tersedia bank bca,bni,bri,danamon,mandiri serta ovo
*bonus rollingan mencapai 0,5%
*bonus refferal 20%
*cs yang ramah dan baik hati selama 24 jam
*1 user id bisa memainkan 8 jenis permainan seperti aduq , bandarq , sakong , poker , bandar poker , bandar66 , dominoqq , dan capsa susun

jangan lupa juga kunjungi website saya di :

bebasqq

terima kasih dan salam hormat terdalam saya ya min ^^

Shikamaru Nara mengatakan...

Makasih sudah share
solder temperatur

ichrimah mengatakan...

mohon maaf pak izin untuk mencopas untuk dijadikan dasar teori

ichrimah mengatakan...

terima kasih atas ilmunya yg sangat bermanfaat pak

RFAK mengatakan...

Pada bagian mana dari dekoder dan enkoder, yang berinteraksi dengan manusia?



Dani Safda mengatakan...

tq

EASlot mengatakan...

Situs Slot Online http://134.209.104.46/

Posting Komentar