Jumat, 23 Mei 2014

Cara Membagi Partisi Hardisk

memang menjadi persoalan yang sulit pagi para pengguna PC. Persoalan semacam ini umumnya dihadapi pada orang-orang yang baru membeli PC pertama kali dan belum mempunyai partisi pada media hardrive nya. Fungsi dari partisi hardisk ini sebagai pembagi disk menjadi beberapa bagian. Umumnya, hardisk dengan kapasitas 320 GB keatas memang harus dipartisi agar kinerja PC semakin cepat dan tidak timbul masalah pada saat pengoprasiannya. Umumnya Hardisk dibagi menjadi 3 bagian yaitu Drive C, Drive D dan Drive E. Drive C berfungsi sebagai penyimpanan data dan system aplikasi dari windows. Aplikasi maupun dokumen secara otomatis akan masuk ke Drive C.

Cara Membagi Partisi Hardisk

Cara Membagi Partisi Hardisk
Khusus untuk Drive D dan E biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai data seperti music, gambar, dan video. Drive D dan Drive E dianggap seperti memory eksternal dalam sebuah PC dan Drive adalah system internal. Untuk penginstalan windows, Drive C lah yang nantinya akan digunakan sebagai media penyimpananya. Drive C juga rawan terhadap virus berbahaya seperti Trojan dan worm. Oleh karena itu, cara membagi partisi hardisk harus benar agar virus tidak masuk ke hardisk. Untuk Hardisk ukuran 512 GB, biasanya 128 akan dijadikan sebagai Drive C dan sisanya lagi akan dibagi menjadi Drive D dan E. Ada beberapa cara untuk mempartisi hardisk seperti penjelasan di paragraph berikut.
Cara membagi partisi hardisk yang pertama adalah menggunakan partition wizard versi 8. APlikasi ini berfungsi sebagai pembagi partisi sebelum PC dijual kepada konsumen. Caranya adalah, dengan menempatkan 1/3 memori menjadi Drive C dan 100 MB untuk Linux Swap. Pengertian dari Linux Swap adalah memori tambahan yang berfungsi sebagai RAM. Hal ini bertujuan untuk menambah kapasitas kerja dari laptop agar tidak timbul lag. Setelah berhasil membagi menjadi 3 bagian, maka partition Wizard akan otomatis terhapus dari system dan hardisk sudah dalam keadaan sudah di partisi. Setelah dipartisi menginstal anti-virus adalah wajib hukumnya agar partisi hardisk bebas dari Trojan.

0 komentar:

Posting Komentar